Minggu, 26 Juli 2009

Faktor Penyebab Kanker

  1. Umur, kebanyakan kanker menyerang orang yang berumur di atas 60 tahun. namun kini tidak sedikit pula orang yang jauh lebih muda, bahkan anak-anak yang juga terkena kanker.
  2. Tembakau, asap rokok atau tembakau yang dihirup baik perokok aktif maupun pasif dapat menyebabkan kanker.
  3. Sinar matahari, sinar matahari pagi baik untuk kesehatan, namun sinar matahari siang yang banyak mengandung ultraviolet dapat menyebabkan kanker kulit.
  4. Zat Kimia, banyak zat-zat kimia yang dapat ditemukan dalam makanan, miuman, melalui pestisida, dan sebaginya.
  5. Infeksi Virus dan bakteri, virus human herpes 8 (HHV8) misalnya yang dapat menyebabkan kanker dan bisa meningkat menjadi AIDS
  6. Kegemukan dan kurang gerak, terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan garam dapat meningkatkan resiko kanker di daerah perut. kurang gerak dapat memicu timbulnya kanker payudara, ginjal, usus besar dan kerongkongan. alkohol dalam minuman juga dapat memicu penyakit ini.
  7. Hormon esterogen yang berlebihan, hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan terjangkitnya kanker payudara dan kandungan. sedang hormon progesteron dapat mencegah timbulnya kanker endometrium, tetapi meningkatkan resiko kanker payudara.
  8. Psikis, jika psikis kita tertanggu (banyak pikiran) maka akan memudahkan datangnya berbagai macam penyakit, termasuk kanker. kanker juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau riwayat keluarga.
  9. Karsinogen, zat ini menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis. Karsinogen banyak ditemukan pada makanan, zat fisik karena radiasi nuklir seperti terkena sinar ultraviolet secara terus menerus ataupun zat biologi yang ada di alam seperti racun dalam tembakau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar